Sebagai sebuah lembaga pendidikan islam di bawah Departermen Pendidikan dan Kebudayaan serta Lembaga Pendidikan Ma’arif, Sekolah Menengah Pertama Ma’arif-3 Ponorogo mendapat mandat :
Dalam melaksanakan kegiatannya, Sekolah Menengah Pertama Ma’arif-3 Ponorogo wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai sebagai berikut :

Terwujudnya Sekolah Islam Terpadu sebagai pusat keunggulan dan rujukan dalam kualitas akademik dan nonakademik serta akhlaq karimah.




- Mengemban amanah sebagai sekolah umum yang bercirikan khas Islam.
- Mengemban amanah sebagai Sekolah Islam Terpadu
- Mengemban amanah sebagai sekolah yang mengembangkan kemampuan akademik, nonakademik, dan akhlak karimah

Dalam melaksanakan kegiatannya, Sekolah Menengah Pertama Ma’arif-3 Ponorogo wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai sebagai berikut :
- Keimanan dan Ketaqwaan
- Kebenaran
- Kebaikan
- Kecerdasan
- 5. Kebersamaan

Terwujudnya Sekolah Islam Terpadu sebagai pusat keunggulan dan rujukan dalam kualitas akademik dan nonakademik serta akhlaq karimah.

- Membangun budaya sekolah yang membelajarkan dan mendorong semangat keunggulan.
- Mengembangkan SDM sekolah yang kompeten
- Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan berkualitas akademik dan nonakademik serta berakhlaq karimah.
- Mengembangkan sistem dan manajemen sekolah yang berbasis penjaminan mutu.
- Menciptakan dan memelihara lingkungan yang sehat, kondusif, dan harmonis.
- Meningkatkan peran serta stakeholder dalam pegembangan sekolah.
- Mewujudkan sekolah yang memenuhi standar nasional pendidikan.
- Mewujudkan sekolah yang berorientasi pada standar Internasional.

- Terwujud lulusan berkualitas akademik dan nonakademik serta berakhlaq karimah.
- Terbangun budaya sekolah yang membelajarkan dalam satu visi
- Terwujudnya SDM sekolah yang memiliki kompetensi utuh
- Terlaksana tatakelola sekolah yang berbasis sistem penjaminan mutu
- Tercipta dan terpelihara lingkungan sekolah yang sehat, kondusif, dan harmonis.
- Terbentuk Stakeholder yang mempunyai rasa memiliki sekolah
- Tercapainya standar nasional pendidikan
- Terwujudnya sekolah yang berorientasi pada standar internasional.

- Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pengembangan IPTEK dan IMTAQ peserta didik. (Perpaduan antara Kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pondok Pesantren)
- Mengembangkan Program Kelas SBN (Sekolah Bertaraf Nasional)
- Membangun SOFT SKILL dalam bentuk pengembangan nilai-nilai spiritual dan ketrampilan yang didasarkan pada tata nilai “ATTITUDE”
- Penerapan Sistem 4 Bahasa (Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jawa, dan Bahasa Indonesia) dalam percakapan sehari-hari yang dibina langsung oleh guru yang berpengalaman dan juga di setiap tahunnya dibina langsung oleh tenaga pendidik dari BEC Pare Kediri Jawa Timur.
- Penerapan strategi pembelajaran yang kreatif dab inovatif, efektif, dan menyenangkan dengan pola indoor dan outdoor didukung dengan lingkungan yang asri, sejuk, nyaman, dan aman.
- Intensive class bagi kelas yang membutuhkan peningkatan kompetensi
- Pramuka
- Kesenian
- English Club
- Olah Raga
- Qira’atul Qur’an
- Pelatihan Percakapan ( Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa Krama )
- Design Grafis
- Reparasi Komputer
- Pelatihan Elektro
- Muhadharah

- Gedung Milik Sendiri
- Computer Laboratory
- Science Laboratory
- Internet Laboratory
- Comprehenship Library
- Multimedia Class